Search This Blog

Saturday, March 28, 2020

SUKA - DUKA NONTON KONSER (Part 2): WESTERN CONCERT


Kalo ngomongin seru-seruan, anak muda pasti bakalan setuju kalo nongkrong sama temen itu obat stress yang mujarab. Tapi kondisi terkini nggak memungkinkan kita buat ngumpul-ngumpul ‘kan, apalagi datang ke konser! Ini nih yang bikin galau karena banyak banget konser yang harus di-postpone, atau malah cancelled, gegara Covid-19.
Tapi demi keselamatan dan kesehatan kita bersama, just stay at home for a while. Ada banyak hal yang bisa dikerjakan di rumah mulai dari baca koleksi buku, streaming film, belajar masak, update konten blog atau buat kerajinan tangan kayak saya nih selama masa karantina mandiri. Dan sesuai janji saya di artikel sebelumnya, saya mau bahas suka-dukanya nonton konser bagian ke-2.
I miss the music show
Ada dua jenis konser berbayar yang pernah saya datangi, western dan KPop. Memang sih agak-agak merentang jauh gitu ya selera musiknya, nggak jarang diketawain temen juga gara-gara ketahuan nonton boyband Korea padahal sebelumnya habis nonton band rock Amerika, hahaha…. Yang pasti saya nggak nonton dangdut.

Sejujurnya karakter penonton konser Barat dan KPop itu memang beda, tergantung segmen usia dan gender juga. Umumnya penonton cewek lebih ganas lho dibanding cowok. Saya lebih pilih ada di antara Slankers yang mayoritas cowok daripada fans KPop yang 90%-nya cewek. Aih, terkesan menjustifikasi banget nggak sih? Ini sesuai pengalaman saja, no offense karena saya juga cewek tapi setidaknya bisa menahan diri untuk menjaga suasana tetap kondusif dan aman (walaupun sebenernya kesel juga karena haknya diserobot yang lain) 😠

Tiga kali saya datang ke konser musisi Barat: Guns n Roses, Westlife dan Mike Shinoda.

GnR - Not in This Lifetime Tour in Jakarta
 1.   Guns n Roses – Not in This Lifetime World Tour (GBK, 8 November 2018)
Dari kecil sudah dibikin takjub nih sama lengkingan gitarnya Slash, akhirnya bisa lihat dan denger sendiri si raja gitar beraksi di panggung GBK. Kesannya wow, seneng banget pastinya, walau nggak hafal sama sebagian lagunya sih waktu itu.
Nah yang bikin saya jadi kurang ekspresif nih karena saya duduk di tribun yang jauh banget dari panggung. Yach… namanya juga cari tiket cuma iseng, so sebatas nyanyi kenceng aja tapi nggak bisa lompat-lompat deh akhirnya, hehe… Oh dan satu lagi, wajah Duff McKagan dan kawan-kawan cuma bisa kelihatan jelas dari layar di kedua sisi panggung. Kalo mau dilihat langsung ibarat lihat semut jalan di atas daun. Ya begitulah kira-kira.
Trus apa dong asyiknya nonton konser GnR?
View dari tribun GBK
Nih ya, FYI, di antara puluhan ribu penonton itu kita bisa ketemu banyak musisi keren yang rata-rata personel band. Saya juga lihat banyak penonton dari luar negeri dengan style yang sumpah keren banget ala-ala anak band rock, mulai dari kostum, make up, asesori, sepatu sampe gaya rambut. Beneran deh nonton konser band rock itu bisa sekalian cuci mata padahal cuma ketemu sesama penontonnya aja! Dan hal ini nggak saya temukan di antara penonton konser KPop.

2.   Westlife – The Twenty Tour (ICE, 7 Agustus 2019)
Konser ini awalnya digadang-gadang bakalan spektakuler karena jadi penanda reuni Shane cs setelah vakum 7 tahun. Tapi kenyataannya banyak drama dan eksekusinya zonk. Bukan dari pihak artisnya tapi dari promotor.
Westlife - The Twenty Tour in Jakarta
Mungkin ekspektasi saya aja yang ketinggian karena ngebandingin konser ini dengan konser yang sebelumnya saya tonton, Super Show 7 Special-nya Super Junior. Memang sih, dari seatplan sudah kelihatan kalo panggungnya bakalan persegi panjang gitu doang, tapi nggak nyangka aja sekecil itu, hellooo…!
Belum lagi penontonnya yang semuanya duduk, malahan section paling depan itu flat aja (nggak berundak) jadi semacam seminar/ ibadah di gereja. Saya beli tiket Gold dan ngiranya bakalan agak deket sama panggung, eh ternyata posisinya di tribun, sodara-sodara. Beneran nggak make sense nih section dibandingin sama harga tiketnya. Kecewa? Banget. Untung aja Shane, Nicky, Mark & Kian udah pro jadi show yang sempet telat hampir satu jam itu tetap kelihatan keren dan nampilin kualitas vokal masing-masing personelnya. 
Tiket Gold sejauh iniiii
Ya setidaknya saya nggak penasaran lagi sama yang namanya Nicky Byrne. Jiwa fangirl saya kembali bergejolak waktu mata ini akhirnya melihatnya langsung, hahaha… yeah, saya masih simpan foto Nicky jaman dia bujang di album foto sekolah. Om yang satu itu sekarang masih aja ganteng dan tetap stylish di umur 41, paling stylish dibanding yang lain. Kalo soal suara, Mark top banget deh pokoknya. Shane kayak kurang fit aja gitu, so Mark steals the show.
Overall, penampilan Westlife keren. Pasti bakalan lebih seru kalo panggungnya dibuat memanjang ke depan kayak yang di Croke Park. Tapi semua balik lagi ke pihak artisnya ‘kan? Penonton sih tinggal nonton aja.
Yang mau lihat Westlife tampil di Jakarta, nih mampir ke akun youtube saya ya:
 
3.   Mike Shinoda of Linkin Park – Post Traumatic Tour (JIEXPO, 4 September 2019)
Konser ini semacam terapi buat penonton dan si artis itu sendiri. Maunya sih Linkin Park yang tampil, tapi ‘kan waktu itu kecil kemungkinannya. Jadi kalo Mike-nya aja yang datang, sayang banget dong kalo dilewatin. Dari awal saya nggak berekspektasi tinggi kok sama show ini. Selain karena nggak full band, saya juga nggak hafal lagu-lagu dari album solonya Mike yang baru. Saya bisa lihat dia langsung dari jarak jauh aja sudah “puji Tuhan”, makanya cukup beli tiket section belakang. Yang penting bisa sing along bareng Mike kalo dia bawain lagu Linkin Park.

Mike Shinoda - Post Traumatic Tour in Jakarta
Sama dengan konser GnR, ada banyak public figure yang juga nonton, mulai dari presenter acara traveling, comedian beken sampe pesinetron papan atas. Pasti mereka juga fans LP waktu jaman sekolah deh, umurnya nggak jauh beda sama saya.
Oiya, nggak usah takut kalo nonton konser sendirian. Pasti kamu bakalan dapat temen deh. Just be friendly with everyone. Justru dapat kenalan pas nonton konser tuh asyik, karena kita ketemu orang yang hobinya sama, selera musiknya sama, ngefans artis yang sama. Nyambungnya bakalan cepat.

 

FYI Mike di sini konser bareng band rock dari Inggris, Don Broco. Mereka jadi band pembuka dan ikutan join sama Mike di beberapa lagu terakhir kayak A Place for My Head yang fenomenal itu. Saya tadinya ‘kan di section belakang, tapi karena section depan masih ada space akhirnya panitia kasih ijin buat kami yang di belakang untuk maju ke depan, biar rame – mungkin. Dan memang fansnya Linkin Park ini menyenangkan sekali ya, nggak ada tuh yang dorong-dorongan atau ngotot harus paling depan. Saya malah disuruh maju sampe nempel pagar tuh sama bapak-bapak di situ. “Maju aja lagi, mbak,” katanya ramah. Mana ada penonton macam gini di konser KPop, cyin… hehehe. Saya malah ngerasa kalo ada cewek kecil macam saya di antara kerumunan penonton music rock, mereka yang cowok-cowok mau kasih space dan nggak macem-macem. Trus seharian itu sebenernya saya lagi nggak fit, berangkat ke venue pun dengan sempoyongan. Tapi tetap nekat berangkat karena kalo pun nantinya saya pingsan, pasti ada yang nolongin ‘kan? Dan anehnya, waktu Mike keluar dan mulai nyanyi sampai konser selesai, saya lupa kalo saya lagi sakit, hahaha! Gimana nggak sembuh wong saya bisa nyanyi sebebas itu, sekencang itu bareng penyanyi aslinya dalam jarak dekat.
 
Finally I see him!

Mike nggak cuma bawain lagu-lagu dari album solonya tapi juga banyak lagu lama LP plus speech yang bangun optimisme penonton buat menghadapi hidup yang makin sulit. Pokoknya the best deh manusia satu ini. Satu dari sekian banyak konser yang benar-benar memorable buat saya. Oiya, beruntung banget buat yang nonton di sepanjang row tengah yang dilewati Mike, dia nggak segan buat terjun ke penonton dan nyanyi bareng lho!
Mau lihat aksi Mike di Jakarta?
Cek link berikut ini:

Masih penasaran gimana serunya nonton konser? Saya bakal bagiin keseruannya di part 3, khusus konser artis KPop.
Stay safe wherever you are, see ya. XOXO

No comments:

Post a Comment