Search This Blog

Saturday, November 10, 2018

Guns n Roses "Not in This Lifetime Tour 2018" : Bukti Rindu yang Mengalahkan Benci


Halaman Stadion Gelora Bung Karno – Senayan
Kamis sore, 8 November 2018.

Jadi ceritanya saya lagi nungguin teman dari Bandung yang belum datang. Unexpected friend sih, karena rencana awal bukan dengan teman yang ini. Tapi daripada saya datang sendirian, lebih merana lagi kan?
Nah, malam itu kami mau nonton konser band rock legendaris yang namanya sudah tenar dimana-mana. Buat generasi 80 - 90an, pasti tahulah siapa itu Axl Rose, siapa itu Slash.
Yup, Guns n Roses.

Saya tiba-tiba ingat dulu pernah ada poster GnR ditempel di dinding dapur. Kakak saya dulu memang hobi nempelin poster band favoritnya di semua sudut rumah, bahkan kalo perlu sampe ke toilet dan kamar mandi juga. Kenapa bisa ditempel di dapur? Karena kamarnya sudah penuh dengan Duran-Duran, Def Leppard, Scorpions, Rambo sampe Chuck Norris.
Axl - Duff - Slash - Izzy - Steven
Oke balik ke poster GnR tadi. Posternya itu bergambar logo 2 pistol dan bunga mawar, juga pose member grupnya. Yang saya ingat vokalisnya itu dulu (dulu ya) sangat sangat sangat ganteng bin keren. Rambutnya pirang lurus banget, pakai bandana, hidung mancung, tulang wajahnya tegas, matanya tajam. Pokoknya cakep deh. Bahkan Jon Bon Jovi aja menurut saya waktu mudanya dulu nggak seganteng Axl (padahal sekarang baru sadar kalo dulu yang paliiiing ganteng di grup ini bukan Axl tapi Izzy Stradlin).


Izzy Stradlin
Izzy then and now

Itu Izzy kenapa tuanya masih aja cute gitu ya tampangnya? Nggak nyangka dulu dia tergolong bad boy, haha... tapi keren sih. Sayang dia nggak mau join reuni. Dulu misterius, sekarang pun tetap misterius. Cewek-cewek era 80-an yang demen cowok cool dijamin naksir dah sama young Izzy .
Kalo Slash, jujur saya nggak begitu ngeh dengan tampang asli gitaris beken ini. Yaa tau sendiri kan mukanya always samar-samar gitu. Untung aja Saul Hudson ini bukan orang Korea. Sekalinya dia kena wajib militer, bakal keliatan rupa aslinya kayak apa hehe…
Saul Hudson aka Slash
Tapi sejatinya, saya bukan fans Guns n Roses, lho. Nonton konser band favorit manca memang impian sedari remaja, tapi GnR nggak pernah masuk dalam list saya. Wajar, karena mereka bubar saat saya masih SD, dan cuma sebatas tau musiknya dari kaset-kaset yang sering diputar kakak.
Lho, bukan fans ngapain nonton?
Lah, memangnya nggak boleh?
Awalnya gara-gara Chester Bennington pergi nggak pamitan yang ujung-ujungnya bikin Linkin Park batalin konser mereka di ICE – BSD City tahun kemarin. Bayangin, kamu ngefans 17 tahun sama satu band dan ngelewatin dua kesempatan buat nonton konser mereka di Indonesia selama 17 tahun itu. Trus kesempatan ke-3 datang, kamu udah excited banget buat nonton tapi tiba-tiba impianmu hancur sia-sia karena vokalisnya pergi nggak bilang-bilang. Mending kalo cuma pergi sebentar (yang bisa balik lagi alias reuni), nah ini pergi selama-lamanya ke dimensi yang beda pula! Kecewa. Bener-bener kecewa. Tapi Tuhan pasti punya rencana, entah itu apa. Hanya saja saya kadang masih bertanya-tanya kenapa Tuhan belum kasih saya kesempatan ketemu band favorit saya itu padahal sudah 18 tahun (sekarang). Sudah selama itu.
Jadi… rasa kecewa itu yang bikin saya tertarik nonton GnR ini karena penasaran sama atmosfer konser band rock manca. Kebetulan mereka juga punya banyak fans di Indo, venue yang dipake juga nggak main-main (nggak sembarang band bisa manggung di GBK lho, dan LP dulu pernah tampil di sana tahun 2011), akhirnya beli deh tiketnya.
My wristband
Singkat cerita pas hari H saya sudah sampe di area GBK jam 5.45 sore. Masih terang, tapi sudah rame banget. Pas lagi nunggu teman itulah saya ketemu dengan dua perempuan yang sudah berumur tapi gayanya nyentrik abis. Mereka bilang dari Bandung dan kami sempat ngobrol-ngobrol. Saya ngerasa agak familier dengan salah satunya tapi nggak ingat wajahnya mirip siapa, yang pasti dia cantik dengan hijab doreng ala tentara. Baru setelah hampir dua jam saya sadar kalo dia penyanyi rock wanita paling keren pada jamannya, waktu saya masih kecil dulu. Mel Shandy. Kakak saya sudah heboh di chat Whatsapp tapi saya cuek aja dan nggak mau nurutin kakak saya yang nyuruh minta foto. Maklum, kakak saya suka banget sama lagu “Nyanyian Badai” yang nunjukkin vocal melengking-lengking ngeri ala Mel Shandy.
Well, saya akhirnya masuk venue konser setelah 3 jam nunggu teman saya di luar. Dia datang sepuluh menit sebelum Duff McKagan cs naik panggung. Belum juga dapat tempat duduk eh lampu stadion sudah padam berbarengan dengan VCR yang muncul di layar raksasa. Nggak lama untuk pertama kalinya saya dengar teriakan khas Axl menggema sampe ke atap stadion. Suaranya masih lumayan, tapi memang umur nggak bisa bohong ya, ada nada-nada tinggi yang nggak bisa lagi dia jangkau. Dan yang pasti look-nya. Saya ketawa-ketawa sendiri kalo ingat betapa gantengnya dulu seorang Axl Rose, dan ngelihat Axl yang sekarang bener-bener nggak percaya kalo itu orang yang sama. Gimana bisa sedrastis itu perubahannya? Saya kok nggak menemukan kemiripan Axl muda dan Axl 56 tahun. Rambutnya sekarang pendek sebahu. Oke mungkin bentuk bibirnya masih keliatan sama, tapi mata, hidung sama tulang wajah kok beda? Belum lagi perutnya yang sekarang buncit, jadi mau loncat sana sini agak susah. Hahaha… malah pusing mikirin tampilannya Axl. Maaf ya, no offense lho.
Axl Rose then and now (1)
Axl Rose then and now (2)
Axl Rose then and now (3)
Axl Rose then and now (4)
Duff McKagan then and now
Memang sih dari awal juga nggak expect yang muluk-muluk karena Axl kan sudah kepala lima. Chester yang baru masuk kepala empat aja suaranya sudah beda jauh dibanding tahun 2004 dulu, jangkauan nada tingginya agak berkurang plus napasnya mulai ngos-ngosan. Jadi ya saya bisa maklumi itu. Makanya saya lebih pay attention to Slash. Umur boleh tua tapi skill main gitarnya pasti nggak menurun dong, beda sama vokalis yang modalnya pita suara. And it was true. Slash killed the show. Solo guitar-nya ngebawain soundtrack The Godfather yang paling saya suka, selain udah pasti part2 dia di November Rain yang melegenda itu. Sempet sih ngarep dia main solo gitar November Rain sambil naik di atas pianonya Axl, kayak yang di video klip, haha… nggak ingat umur ih.



Sejauh yang saya lihat Slash dapat teriakan yang paling seru dari penonton ketimbang personel lain bahkan pentolan grupnya sekalipun. Mungkin karena ini pertama kalinya Slash manggung di Indonesia sebagai bagian dari GnR karena sebelumnya di 2012 GnR konser di Jakarta tanpa dia. FYI, Slash yang keluar dari band tahun 1996 pernah berseteru dengan Axl dan nggak saling tegur sapa sampe hampir 20 tahun lamanya! Gila nggak tuh. Media-media bikin lansiran perang komentar keduanya yang nunjukkin kalo mereka nggak akan mau tampil sepanggung lagi, sampe mati pun nggak bakal ada reuni. Tapi, sekali lagi, rencana Tuhan siapa yang tau? Sekeras dan sepedas apa pun komentar Axl soal Slash (dan sebaliknya) nyatanya sekarang mereka berdua ada di satu panggung di stadion Indonesia paling ikonik. Mungkin sebenernya mereka itu selama hampir 20 tahun gengsi buat memulai rekonsiliasi duluan, yaa semacam benci tapi rindu gitu lah. Pada akhirnya rindu bisa ngalahin benci kan? Eeaa…
Suasana di dalam SUGBK
Momen-momen paling seru itu waktu mereka bawain lagu-lagu hits dan seisi stadion kompak nyayiin koor yang bikin merinding di lagu Welcome to The Jungle, Sweet Child O’Mine, November Rain, Knockin’ on Heaven’s Door, Patience sampe Don’t Cry. Paradise City jadi lagu penutup konser 3 jam itu. Overall layak banget ditonton karena formasi reuni Axl – Slash – Duff kayak hal yang tadinya mustahil jadi bisa terwujud. Saya akhirnya ngelihat dan dengar sendiri gimana seorang Saul “Slash” Hudson membuktikan kalo dia pernah (dan masih) jadi gitaris papan atas dunia. Kalo sudah begini jadi kangen sama mantan teman kantor di Solo yang memang jago main gitar melodi dan pernah ngeband bareng.
Di akhir show Axl lemparin mic-nya ke penonton yang langsung jadi rebutan. Slash juga nggak mau kalah lemparin gitar Gibson Les Paul-nya beberapa pic gitar sebelum adegan jungkir balik yang bikin seisi stadion ketawa ngakak. Duh, aki-aki satu ini kirain cool tapi gokil juga ternyata. Mana itu kaos death metal-nya lucu banget gambarnya ya ampun …

Sekitar jam 11.20 konser selesai, dan hujan pun turun. Pawangnya kali ini keren dibandingin sama Closing Asian Games September kemarin. And thanks God saya nggak susah buat dapat transport pulang ke BSD.
November tahun ini jadi yang paling berkesan dibanding November-November yang pernah ada. Dengerin dan nyanyi lagu November Rain bareng artisnya langsung di bulan November. Perpaduan yang sempurna, bukan?
Salam Rock n Roll.




No comments:

Post a Comment